Khasiat dan Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Jantung

Khasiat dan Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Jantung

Khasiat dan Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Jantung – Minyak ikan atau yang sering disebut Omega-3 Merupakan sumber terbaik untuk perkembangan, pertumbuhan baik baik bagi janin dan ibu hamil. Omega-3 memiliki khasiat mampu mencegah, mengatasi dan mengibati beberapa penyakit serius

Pada umumnya tubuh manusia tidak dapat membuat Omega-3, kita harus mendapatkanya baik melalui makanan atau suplemen.

minyak-ikan

 

Minyak ikan baik bagi jantung sebab bisa menurunkan trigliserida, jenis lemak dalam darah anda sekitar 5-10% atau bahkan lebih. Akan tetapi untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi, yakni sekitar 200 atau lebih. Anda membutuhkan 2-4 gram DHA/EPA sehari. Anda dapat mendapatkan jumlah itu melalui suplemen, akan tetapi harus dibawah pengawasan dokter.

Minyak ikan memberi kesempatan  pada jantung untuk berdetak jantung lebih teratur dan menghindari kematian mendadak akibat jantung. Sebuah studi menunjukan bahwa pria yang makan beberapa ikan mempunyai resiko serangan jantung dan stroke lebih rendah.

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati. Tetapi jika anda sudah mengidap penyakit jantung bukan bearti anda tidak bisa mengonsumsi ikan. Suplemen minyak ikan membantu mencegah lebih banyak masalah bagi orang orang dengan penyakit jantung.

Pengidap penyakit jantung harus mendapatkan sekitar 1 gram EPA dan DHA gabungan setiap hari. Ini tidak harus didapatkan dari ikan, bisa juga dari suplemen. Hanya saja, penggunaanya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Makanan Sumber Omega-3

  •  Minyak nabati khususnya yang berasal dari flaxseed, canola, dan kedelai.
  •  Kacang dan biji-bijian, kacang merah, kedelai, dan walnut, minyak biji flax.
  •  Sayuran hijau. beberapa jenis sayuran seperti bayam, bunga kol, dan brokoli.
  • Biji labu, oatmeal, cereal, dan minyak ikan cod.

Manfaat Minyak Ikan Bagi Jantung

Minyak ikan yang terbaik dari beberapa sumber minyak ikan lainya adalah minyak ikan salmon dari laut dalam norwegia yang bebas dari polusi, radikal bebas dari polusi dan materi terkontaminasi dari zat dan racun.

Kandungan yang terdapat pad minyak ikan salmon  Norwegia termasuk Omega-3 seperti EFA dan DHA kaya asam lemak tak jenuh dan vitamin E yang sangat diperlukan dalam jumlah seimbang untuk pertumbuhan.

Studi lain mengungkapkan bahwa asam lemak Omega-3 dari minyak salmon mampu menurunkan tekanan darah, trigleserida dan ada juga bukti yang baik bahwa diet tinggi Omega-3 asam lemak membantu dengan rheumatoid arthitis serta osteoarthritis, dan bukti terakhir menunjukan asam lemak Omega-3 bisa mengurangi resiko serangan jantung,stroke.

Dosis yang di anjurkan

Tidak ada dosis standar  untuk asam lemak Omega-3. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan 1 gram per hari EPA+DHA untuk orang penyakit jantung. Dosis yang lebih tinggi antara 2-4 gram per hari, digunakan untuk penderita lemah trigliserida.

Itulah beberapa khasiat Minyak Ikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s