Khasiat Minyak Ikan Bagi Ibu hamil

Khasiat Minyak Ikan Bagi Ibu hamil

Khasiat Minyak Ikan Bagi Ibu hamil – Selama kehamilan, tak jarang dokter selalu menganjurkan untuk rutin mengosumsi minyak ikan. hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan system syaraf janin lebih optimal, sehingga bayi yang dikandung kelak akan memiliki tingat kecerdasan lebih baik.

minyak-ikan-bagi-ibu-hamil

Minyak ikan merupakan minyak yang diperoleh dari ektraksi lemak pada daging ikan segar dan umumnya  digunakan sebagai konsumsi minyak kesehatan. Minyak ikan mempunyai banyak khasiat dan manfaat sebab kandungan yang cukup membantu berbagai aktivitas metabolisme dalam tubuh.

Kandungan penting dalam minyak ikan yaitu zat Omega-3. Zat ini berupa asam lemak tak jenuh yang berguna untuk menunjang kesehatan dan perkembangan janin, bayi, hingga anak usia dini. Omega-3 tidak bisa disintetis oleh tubuh sehingga kita hanya bisa memperoleh manfaat tersebut dengan konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung omega-3 seperti minyak ikan.

Secara lebih spesifik, asam lemak omega-3 biasanya mengandung 2 bagian yang paling bermanfaat bagi tubuh. Kedua bagian tersebut yakni EPA(eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Kedua bagian Omega-3 ini sangat dibutuhkan janin untuk tumbuh dan berkembang. EPA diketahui bisa mendukung pertumbuhan dan kinerja jantung, sistem kekebalan tubuh, dan respon inflamasi, sedangkan DHA dianggap sangat merangsang pertumbuhan fungsi otak, mata, dan sistem saraf pusat.

Untuk mendapatkan bayi yang cerdas, selain harus rutin mengonsumsi asam folat ibu anil juga di sarankan mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan mengandung EPA dan DHA yang mampu menujang pertumbuhan kognitif otak janin, bermanfaat untuk pertumbuhan organ-organ tubuh lainnya.

Makanan Yang Mengandung Omega-3

Omega-3 banyak terkandung dalam berbagai jenis ikan laut seperti ikan tuna,sarden,dan tenggiri. Tetapi, konsumsi ikan tersebut cukup beresiko bagi kehamilan, sebab ia sering kali terpapar merekuri dan jenis bahan bertoksisitas tinggi lainnya. Terutama apabila mereka tertankap di perairan daerah industri seperti kepulauan seribu. Walaupun begitu, apabila bisa dipastikan keamanannya ikan-ikan laut juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber omega 3 yang baik.

Untuk menghindari paparan racun, ibu hamil disarankan untuk mendapatkan Omega-3 dari minyak ikan saja. Minyak ikan lebih aman bagi ibu hamil sebab ancaman racun merkuri. Biasanya sudah hilang melalui proses pengolahan yang cukup panjang.

Dosis Minyak Ikan Bagi Ibu Hamil

Bagi Ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi 300 mg DHA setiap hari. jumlah tersebut setara 1-3 gram produk minyak ikan seperti Scott Emulsion. Konsumsi tersebut lebih dianjurkan untuk dilakukan lebih rutin ketika massa pertumbuhan janin sudah mulai memasuki masa pertumbuhan dan perkembangan system syaraf atau sekitr usia kehamilan trimerter kedua dan ketiga. Meskipun begitu, anda lebih baik mengkonsultasikan hal ini ke dokter anda , agar jumlah yang anda konsumsi sesuai dengan kesehatan dan pribadi tubuh masing masing.

Demikian penjelasan mengenai manfaat minyak ikan bagi ibu hamil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s